Ayo Gabung!
Bersehati dalam melayani. Mejuah-juah Tuhan Yesus Si Masu-masu.     Selamat datang di blog Musik Gerejawi Karo: menyuguhkan konten-konten yang berkaitan dengan musik gerejawi Karo | Menyatukan umat Kristen Karo dari semua denominasi dan aliran dalam Kasih Kristus dan solidaritas Karo.       | Pusatnya partitur lagu-lagu Karo, khususnya lagu(musik) gerejawi(rohani) Karo.    KARO INJILI BERDOA: Setiap Rabu(malam Kamis), Pukul 19.30 WIB       | Cari PARTITUR LAGU KARO di sini tempatnya. | Mari bersama lestarikan musik Karo dengan mendokumentasikan dalam bentuk partitur. Kontak/info ke ADMIN twitter: @MGK_Simalem, @Bastanta_PS366, @KARO_ERDILO, Pin BB: 524D3EA5. Mejuah-juah

Senin, 16 Desember 2013

Musik Penyembahan Ibadah Gerejawi

Pada rubrik Musik Ibadah Gerejawi kali ini, kita akan mengetengahkan beberapa pola musik 
penyembahan yang lazim
(umum) dipakai pada ibadah gerejawi.

“ I, II, III, IV, dst..” maksudnya: akord tingkat ke “….”. Miaslkan “IV”, berarti akord tingkat ke-4. Misalkan jika lagu tersebut dimainkan pada akord C (c = do), berarti, akord tingkat I –nya adalah C, tingkat II adalah D, akord tingkat IV-nya adalah F, dst.

Berikut pola-pola akord music penyembahan yang sederhana, yang lazim dipakai pada music Ibadah gerejawi.


Pola-pola umum musik penyembahan pada ibadah gerejawi

Pola-pola diatas dapat dikembangkan, seperti halnya 
penulis pernah memainkannya bersama teman-teman di Gereja Injili Karo Indonesia(GIKI) - Medan ;dengan mengkolaborasikannya
dengan beberapa instrumen musik tradisional Karo, seperti: Kulcapi(kecapi karo)
Surdam, ataupun belobat (flute Karo yang terbuat dari bambu),
gendang singindungi dan singanaki, mangkuk, keteng-keteng, gung, dll. 
Atau dalam istilah musik tradisional Karo disebut: 
"Gendang Telu Sedalinen; Lima - se(sada-) perarihen."

Keterangan:
-          Setiap beralih(pindah) dari satu variasi ke variasi yang lainnya dipancing      dengan akord tingkat V – nya.
-   Untuk beralih ke variasi penutup dari variasi ke V; dipancing dengan  memainkan Bar II dan II baru kemudian masuk ke variasi penutup.



Mejuah-juah Bagi anda yang ingin tulisan anda dimuat di halaman blog ini, silahkan kirimkan tulisan anda ke e-mail: bastanta.meliala@gmail.com Tulisan yang dimuat, adalah tulisan yang memuat konten musik ibadah gerejawi Karo. Kami tunggu partisipasinya! Mejuah-juah Tuhan Yesus Si Masu-masu. | Teruslah berkarya untuk kemuliaan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar