Ayo Gabung!
Bersehati dalam melayani. Mejuah-juah Tuhan Yesus Si Masu-masu.     Selamat datang di blog Musik Gerejawi Karo: menyuguhkan konten-konten yang berkaitan dengan musik gerejawi Karo | Menyatukan umat Kristen Karo dari semua denominasi dan aliran dalam Kasih Kristus dan solidaritas Karo.       | Pusatnya partitur lagu-lagu Karo, khususnya lagu(musik) gerejawi(rohani) Karo.    KARO INJILI BERDOA: Setiap Rabu(malam Kamis), Pukul 19.30 WIB       | Cari PARTITUR LAGU KARO di sini tempatnya. | Mari bersama lestarikan musik Karo dengan mendokumentasikan dalam bentuk partitur. Kontak/info ke ADMIN twitter: @MGK_Simalem, @Bastanta_PS366, @KARO_ERDILO, Pin BB: 524D3EA5. Mejuah-juah

Senin, 16 Desember 2013

Kitab Ende-Enden GBKP

Dari Kitab Ende-Enden(KEE), 
Penembahen Ende-Enden(PEE), hinga 
Suplemen Ende-Enden(SEE) Jilid III GBKP

         
Kitab Ende - Enden GBKP
Kitab Ende-Enden atau disingkat KEE merupakan buku nyanyian gerejawi yang berisikan nyanyian-nyanyian gerejawi dalam Cakap(bahasa) Karo yang dipergunakan di GerejaBatak Karo Protestan (GBKP). Buku nyanyian ini berisikan lagu/syair nyanyian gerejawi yang umum dipakai di gereja-gereja di dunia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Karo, yang sebahagian besar diterjemahkan(lihat: sinusurkensa) oleh para misionaris-misionaris Eropah yang pernah bertugas di Tanah Karo, seperti Pdt. M. Joustra, Pdt. E. J. Van den Berg, Pdt. J. H. Neumann, G. Smith, dan Pdt. J. Wijngaarden. Dalam penyusunan KEE mula-mula memuat 162 judul lagu, namun pada Sidang Synode GBKP XXIX tanggal 5 – 11 November 1984 di Jakarta dan sidang BPL Synode 1985 di Kabanjahe; berdasarkan hasil kerja Panitia Ende – Enden GBKP priode 1979 – 1984 ditetapkan bahwa nyanyian GBKP disatukan (162 + 50 = 212) dan dimuat dalam not angka dan notasi balok, yang hingga sampai sekarang 212 lagu inilah yang terus dipakai dalam ibadah di GBKP.

          Dalam perkembangannya, GBKP sebagai lembanga gereja yang menaungi umat Kristen yang meyoritas dari suku etnis Karo merasa perlunya inkulturasi budaya, khususnya dalam hal ibadah, dimana musik dirasa merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mencapai ibadah yang kontekstual, maka Panitian Penambahen Ende – Enden GBKP priode 1994 – 199 mengadakan 50 judul lagu Penambahen Ende – Enden (PEE), serta Badan Pengembangan Ibadah Musik Gereja (BPIMG) GBKP priode 2000 – 2005 mengadakan 80 judul lagu Ende – Enden Suplemen yang bersadarkan kesepakatan Moderamen GBKP dan BPIMG GBKP kemudian 50 judul lagu dan 80 judul lagu (80 + 50 = 130) tersebut disatukan dalam sebuah buku nyanyian yang dinamai Buku Penambahen Ende – Enden yang ditetapkan melalui Sidang Synode GBKP tahun 2005 di Retreat Center GBKP Sukamakmur.

          Selain penetapan 130 judul lagu yang dimuat dalam Penemabahen Ende – Enden(PEE) GBKP, Sidang Sinode GBKP tahun 2005 juga menargetkan pencapaian 500 judul lagu dalam Kitab PEE ini kelak, untuk menambah rubrikasi endé-endén(nyanyian) GBKP, maka sesuai rekomendasi Sinode GBKP, BPIMG GBKP sebagai badan pengembangan musik ibadah gerejawi di tubuh GBKP di kepanitiaan priode 2005 – 2010 mencoba menyususn Suplemen Penambahen Ende – Enden GBKP Jilid III (dikenal SEE GBKP Jilid III) yang terdiri dari 122 judul lagu, baik dari hasil karya anggota Jemaat GBKP sendiri, maupun gubahan dan adaptasi dari lagu-lagu popular.

          Pada PEE I dan Jilid II, PEE GBKP dimulai dari No. 1 – 130, maka dengan bertambahnya 122 judul lau pada jilid ke-3 sesuai ketetapan Sidang Sinode GBKP XXXIV tanggal 11 – 18 April 2010 di RC GBKP Sukamakmur , maka lagu penambahan kini sudah mencapai 253 judul lagu, dimana suplemen ini dimulai dari nomor 131 sampai 253. Dan, Modramen GBKP masih menetapkan jilid ke-3 ini dalam tahapan uji coba dalam kurun Waktu 2012 – 2013, untuk nantinya dilakukan kembali dikoreksi dan juga dilakukan penambahan, dimana Moderamen GBKP menargetkan nantinya PEE GBKP finl mencapai 500 judul lagu.

Sumber: @Bastanta_PS366




Mejuah-juah Kami menerima informasi-informasi tambahan dari pembaca untuk menyempurnakan tulisan di halaman ini. Silahkan sampaikan melalui kotak komentar yang ada di bawah. Kami juga menerima tulisan-tulisan dari pembaca yang berkaitan dengan musik gerejawi Karo. Silahkan kirim tulisan anda ke e-mail: bastanta.meliala@gmail.com. Bujur ras mejuah-juah. Tuhan Yesus Si Masu-masu.

4 komentar: