Ayo Gabung!
Bersehati dalam melayani. Mejuah-juah Tuhan Yesus Si Masu-masu.     Selamat datang di blog Musik Gerejawi Karo: menyuguhkan konten-konten yang berkaitan dengan musik gerejawi Karo | Menyatukan umat Kristen Karo dari semua denominasi dan aliran dalam Kasih Kristus dan solidaritas Karo.       | Pusatnya partitur lagu-lagu Karo, khususnya lagu(musik) gerejawi(rohani) Karo.    KARO INJILI BERDOA: Setiap Rabu(malam Kamis), Pukul 19.30 WIB       | Cari PARTITUR LAGU KARO di sini tempatnya. | Mari bersama lestarikan musik Karo dengan mendokumentasikan dalam bentuk partitur. Kontak/info ke ADMIN twitter: @MGK_Simalem, @Bastanta_PS366, @KARO_ERDILO, Pin BB: 524D3EA5. Mejuah-juah

Rabu, 12 Maret 2014

USDEK

USDEK (Undang-ndang Dasar 1945, Sosialis Terpimpin, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Bangsa Indonesia), merupakan ajaran/manifesto dari Proklamator  Indonesia yang juga merupakan presiden pertama Repoblik Indonesia, Ir. Soekarno yang dituangkan dalam sebuah syair dan lagu oleh komponis nasional asal Seberaya, Karo, Sumatera Utara: DJAGA SEMBIRING DEPARI atau lebih popuer dikenal dengan Djaga Depari.
Namun sayangnya lagu ini kini telah hilang dari peredaran semenjak peralihan kekuasaan antara dari Orde Lama ke Orde Baru, dan bahkan sebentar lagi dapat dipastikan syair dan lagu ini akan hilang secara permanen selamanya jika tidak ada kepedulian dari kita kaum muda Indonesia, terkhususnya gererasi muda Karo; padahal lagu ini merupakan kekayaan bangsa ini dan pencitraan serta semangat bangsa yang dirumuskan oleh Ir. Soekarno.

Berikut syair dari lagu USDEK karya(versi): Djaga Depari (Djaga Sembiring Depari)

USDEK 


Lit kidahken momo 

Momo manifesto
Manifesto Soekarno
Bapa rayat si rulo
Bapa rayat si rulo

Usdek kap isina

Pijer podi man banta
Em penarang penakit
Perukur si la tengka
Perukur si la tengka

U kap undang-undangta

Undang-undang tahun empat puluh lima
S kap sosial radu kita mulia
Sikeleng-kelengan kerina
D kap demokrasi, terpimpin kapen ia
E kap ekonomi, terpimpin ka ngia
K kap kepribadian, kepribadian Indonesia

Yah dagena alo

Aloken manifesto
Mari rari kita
Usdek gelementa
(Lihat partiturnya) (sumber: Henry Guntur Tarigan, Piso Surit tahun 1990 halaman : 342)
Link sumber: http://karosiadi.blogspot.com/2011/10/djaga-depari-yang-menghilang-lagu-usdek.html

Bagi saudara/i yang mempunyai rekaman lagu ini, partitur, ataupun tahu akan lagu ini(mohon di rekam) mari kita berbagi agar lagu ini kembali dikenal secara luas dan tidak akan hilang secara permanen.


Bagi anda yang mengetahui lagunya, boleh anda kirim ke e-mail: bastanta.meliala@gmail.com agar kita buatkan partiturnya untuk dokumentasi.
Bujur ras Mejuah-juah Kita Kerina.

Komentar-komentar tentang USDEK

Komentar-komentar tentang USDEK

Berikut terjemahan dari komentar Edi Sembiring Ululau Galoh di atas
Edi Sembiring: "Aku pernah dengar dibawakan PNI Kab. Karo waktu ada acara di Wisma Panti Marhainis jalan Kejaksaan No.6 Medan. Waktu itu ketuanya yaitu mbak Sukmawati Soekarno Putri hadir.
Iramanya mars."
Ululau Galoh: Jaman Soekarno pernah dinyanyikan di Istana Presiden dibawakan oleh paduan suara Ensambel Sabang - Marauke."
Ululau Galoh:"Semoga saya tidak salah ingat, sebab sudah lama sekali, dulu saat saya masih anak-anak lagu ini dinyanyikan langsung oleh Alm. Jaga Depari dalam acara gendang-gendang menyambut bupati Matang Sitepu di Juhar (almarhum:(Djaga Depari-red) pada saat itu ikut rombongan bupati). Saat itu lagu USDEK ini baru saja diciptakan oleh almarhum."


Presiden RI Ir. Soekarno dan Djaga Depari
Ir. Soekarno dan Djaga Depari
Ir. Soekarno landek(menari) bersama Masyarakat Karo
Ir. Soekarno landek(menari) bersama Masyarakat Karo

Lihat partitur USDEK




Tidak ada komentar:

Posting Komentar